The Effectiveness of Peer Education Using the Lecture Method on Knowledge of Breast Self-Examination (SADARI) Among Teenagers at Kalitanjung Public Health Center, Cirebon City, in 2024
Keywords:
Peer education, Knowledge, SADARI, Lecture Methode, AdolescentsAbstract
Background: The high incidence of breast cancer and tumors underscores the importance of early detection methods, one of which is Breast Self-Examination (SADARI). Increasing adolescents’ awareness and knowledge of SADARI is crucial for promoting preventive health behavior from an early age. Objective: This study aims to evaluate the effectiveness of peer education using the lecture method on adolescents’ knowledge of SADARI at the Kalitanjung Public Health Center, Cirebon City, in 2024. Methods: This research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design, specifically a pretest-posttest design. The data were collected using a structured questionnaire and analyzed through paired sample t-tests. Both univariate and bivariate analyses were conducted to interpret the results. Results: The peer group education method led to 35 participants (100%) reaching the “skilled” category, while the lecture method resulted in 31 participants (88.57%) achieving the same. Statistical analysis revealed a significance value of 0.000 (p < 0.05), indicating a significant improvement in knowledge after the interventions. Furthermore, the peer education group had a higher mean posttest score (25.49) compared to the lecture group (23.07). The difference between the two methods was statistically significant, with a p-value of 0.005 (< 0.05). Conclusion: Peer education using the lecture method significantly improves adolescents’ knowledge of SADARI. Moreover, peer education demonstrates greater effectiveness than the conventional lecture method in enhancing understanding and awareness.
References
Anisa, Lulu. 2020. Metode Yang Paling Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Melakukan Sadari Pada Remaja Putri Berdasarkan Literature Review. Universitas Aisyiyah. Yogyakarta.
Damayanti, A., Wulandari, Y., Mustikarani, I.K. (2018). Pengaruh peer Education tentang deteksi dini kanker payudara terhadap keterampilan praktik SADARI remaja putri di MAN 1 Surakarta. Stikes Kusuma Husada: Surakarta. Diakses Pada Tanggal 12 november 2023
Febrianti, Diana. 2018. Efektifitas Peer Education dan Empowerment Education Terhadap Efikasi Diri, Komitmen dan Kualitas Hidup Pada Penderita Kanker Payudara. Universitas Airlangga. Surabaya
Dinta yolinda. 2018. Efektifitas peer group education dan penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja putri. Stikes bhakti husada mulia. Madiun
Fitriani, D. 2011. Pengaruh Edukasi Sebaya terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Agregat Anak Usia Sekolah yang Beresiko Kecacingan diDesa Baru Kecamatan Manggar Belitung Timur. Jurnal Universitas Indonesia. Diakses tanggal 14 Maret 2024
Hardiyanti Diana. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Komunitas Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Perempuan diwilayah Puskesmas Martapura 1. Tesis Universitas Airlangga. Diakses 13 April 2024.
Hidayati, A. (2011). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Ceramah dan Demonstrasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kanker Payudara dan Keterampilan Praktik Sadari
Kementerian Kesehatan RI. 2016. Kanker Payudara. Jakarta.
Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta.
Mubarak, W.I. 2011. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. PT Rineka Cipta. Jakarta
Notoatmodjo S. 2013. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta
Novita, E., 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebiasaan Menonton Film Porno pada Remaja. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 4(1), pp.31–44.
Octavianty, L., Rahayu, A.,Rosadi, D., & Rahman, F. (2015). Pengetahuan, Sikap dan Pencegahan HIV/AIDS pada Ibu Rumah Tangga. Jurnal kesehatan masyarakat, 11(1), 53-58.
Olfah D. 2013. Kanker Payudara Dan SADARI. Nuha Medika. Yogyakarta
Pamungkas, Z. (2011). Deteksi Dini Kanker Payudara. Buku Biru. Jakarta.
Profil Kesehatan Kota Cirebon, 2021
Purnani WT, Qoni’ah B. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Education Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan SADARI. J Public Heal Res Community Heal Dev. 2018;2(1):69-75.
Purwanti, Y. (2017). Pengaruh Peer Education Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap tentang Hiv/Aids.
Rahma, Indah N, dkk. 2021. Efektivitas Peer Education Program Tentang Breast Self Examination terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Deteksi Dini Kanker Payudara Di SMPN 1 Karanganyar Demak. Unisula. Semarang
Rizky, Amelia C. 2014. Pendidikan Sebaya Meningkatkan Pengetahuan Sindrom Pramestruasi pada Remaja. Jurnal Kedokteran Brawijaya Vol.28 No.2 Agustus 2014
Rahman N. 2021. Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu PKK Pada Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Dengan Pendekatan Trancultural Nursung. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Rasjidi, I (a). 2009. Deteksi Dini & Pencegahan Kanker pada Wanita. CV Sagung Seto. Jakarta:
Riska amalia, dkk. 2020. Efektivitas Metode Ceramah Dengan Dan Tanpa Modifikasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Di Posbindu Pikbo Desa Blondo 2020. Universitas muhamadiyah. Magelang ( hasil penelitian metode ceramah 100 persen)
RISKESDAS. Penyakit yang ditularkan melalui udara. Jakarta Badan Penelit. dan Pengemb. Kesehat. Dep. Kesehat. Republik Indones. 103 (2013). doi:10.1007/s13398-014-0173-7.2
Septiana, 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Smp Islam Ruhama Ciputat. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sri Sumartini dkk. Efektifitas Peer Education Method Dalam Pencegahan HIV/AIDS Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja. JPKI-UPI. Bandung
Sujiah & Widaryati. 2012. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi melalui Peer Group pada Pengetahun dan Sikap Anak Jalanan tentang Penyakit Menular Seksual. Jurnal STIKES Aisyiyah Yogyakarta.
Stanhope & Lancaster, (2010). Community Health Nursing : Promoting Health Of Agregates, Families And Individuals, 4 th ed. St.Louis : Mosby, Inc.
Stephenson, J., dkk. (2008). The Long-Term Effects of a Peer-Led Sex Education Programme (RIPPLE): A Cluster Randomised Trial in Schools in England. PLoS Medicine, November 2008, Volume 5, Issue 11, e224.
Sujiah & Widaryati. 2012. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi melalui Peer Group pada Pengetahun dan Sikap Anak Jalanan tentang Penyakit Menular Seksual. Jurnal STIKES Aisyiyah Yogyakarta. Diakses tanggal 13 November 2023
Thomas, S. T., & Ende, M. (2020). Peer Group Education Meningkatkan Pengetahuan Dan Perilaku Sadari Remaja Putri SMAKN. 2(6), 27–35
Tiffani rosita. 2018. Pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi siswa kelas viii smp. Unair. Surabaya
WHO. (2019). Data Global Cancer Observatory 2018.World Health Organization
Widodo, S.T.T.M., 2015. Model Pembelajaran Vct Untuk Pendidikan Kesehatan Reproduksi (Menggagas Model Pembelajaran Value Clarification Technique Untuk Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja). Ponorogo : Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Winda Mardiana,dkk. 2023. Efektivitas Metode Sorogan dan Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Siswa MTs Al-Khairiyah Buleleng, Bali. Universitas Nurul Jadid. Probolinggo.
World Health Organization. Breast Cancer Detection. Breast Cancer Detection (home page on internet) (2016). http://www.who.int/cancer/prevention/diagnosis-screening/breastcancer/en/
Yanik purwanti. 2013. Pengaruh Peer Education Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang HIV/AIDS
Yuni Sari dkk. 2021. Efektifitas peer group education dan penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja putri. Poltekes kemenkes aceh
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Jurnal Kesehatan Mahardika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.