Anxiety-Related Factors During Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Students In SMAN 3 Cirebon City

https://doi.org/10.54867/jkm.v8i2.89

Authors

  • Indah Permata Sari STIKesMahardika
  • Ahmad Syaripudin STIKes Mahardika
  • Ramli Effendi STIKes Mahardika

Keywords:

Online Learning, Anxiety

Abstract

The implementation of the study at home policy made some students feel anxious and depressed. The number of tasks given by the teacher makes many students feel stressed in undergoing online learning. This study aims to determine the factors associated with anxiety during online learning during the COVID-19 pandemic in students at SMAN 3 Cirebon City. The research method used is correlational descriptive with a cross sectional approach. The population in this study were all students at SMAN 3 Cirebon City as many as 1093 students. Using simple random sampling, the total sample was 92 students. The instrument used in the form of a questionnaire sheet and data analysis using the Spearman Rank test, namely the significance value of a = 0.05. The results of the study, most of the students had good personal factors (70.7%), good family factors (82.6%), good social factors (60.9%) and good institutional categories (85.9%). There is a relationship between personal factors (p-value = 0.001), family factors (p-value = 0.026), social factors (p-value = 0.054) institutional factors (p-value = 0.001). In future research, it is expected to be able to prepare better supporting facilities as online learning facilities and infrastructure.

References

Alwiyah. 2018. Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Manajerial, Vol. 3 No.4 Januari 2018, Hal – 95

ARSYI. 2021. Studi Deskriptif: Dukungan Sosial Dan Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Kuliah Online (Daring) Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Publikasi. Universitas Muhammadiyah Malang

Azwar. 2019. Prinsip-prinsip Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara Cipta

Bastari. 2020. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Tahun 2018/2019.Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Chaterine, R. N. 2020. Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih banyak tugas. Detik News.Retrievedfrom https://news.detik.com/berita/d-4944071/siswa-belajar-dari-rumah-kpaianak-anak-stres-dikasih-banyak-tugas

Chrisnawati & Aldino. 2019. Aplikasi Pengukuran Tingkat Kecemasan Berdasarkan Skala Hars Berbasis Android. V (2). Diakses pada tanggal 11 Maret 2021 http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk

Hanifah, Muyasaroh, dkk. 2020. Kajian Kecemasan Masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia ? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28

Himpsi.2020.Mengatasi Kecemasan Pembelajaran Jarak Jauh. https://himpsi.or.id/blog/materi-edukasi-covid-19-5/post/mengatasi-kecemasan-pembelajaran-jarak-jauh-120

Jalal. 2020. Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, volume 2, nomer 1, p. 35-40, nov. 2020. ISSN 2598-2214.

Kartika, Difa. 2020. Faktor-faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Dari Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. 4 (3), 3544-3549. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/download/12600/12146

Kaufmann, R., & Vallade, J. I. (2020). Exploring connections in the online learning environment : student perceptions of rapport , climate , and loneliness. Interactive Learning Environments, 1– 15

Kemenkes RI. 2019. LAPORAN PROVINSI JAWA BARAT RISKESDAS 2018 : Lembaga Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Khalimah, Siti Nur. 2020. Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Midratul Ulum Pedurungan Kota Semarang. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam.Salatiga. Diakses pada tanggal 15 Desember 2020 http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9839/

Kumala, A. A. S. C. 2012. “Hubungan Antara Tipe Kepribadian dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester VIII Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana”, (Online), (http://www.google.com/url?sa=t&rct=i&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEcQFiAE&url)

Kusmaedi.2020. Hubungan Dukungan Sosial Dan Kecemasan Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mustofa, MI, dkk. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. WJIT: Walisongo Journal of Information Technology, 1 (2), 151-160.

Nurmalasari.2015. Dukungan Sosial Dan Harga Diri Pada Remaja Penderita Lupus. Jurnal Psikologi Vol. 8 No. 1 Juni 2015. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020. Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JIUBJ: Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20 (2), 541-544. Di akses pada tanggal 14 Oktober 2020 http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/932

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36

Raharjo, D. B., & Sari, R. R. N. 2020. Belajar online ditengah corona,ada siswa Mengeluh tensi darah naik. Suara. Retrieved from https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajaronline-di-tengah-corona-ada-siswa mengeluh-tensi-darah-naik

Rahman, Taufik. 2020. Pembelajaran Daring di Era Covid-19. htpps://osf.io//7bfhk diakses pada tanggal 15 Desember 2020

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. 31(1), 1–12.

Safitri, F. 2013. Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi DIII Kebidanan STIKes U’budiyah Banda Aceh. http://simtakp.uui.ac.id/dockti/Faradilla_Safitri-skripsi_dilla.Pdf

Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T. R., & Mislika, M. 2021. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 . Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73-77. https://doi.org/10.2411/jikeperawatan.v7i1.494

Sarason. B.R. 1987. Interelation of social support measures: Theoritical and practical implications. Journal of Personality and Social Psychology,

Sobron, Bayu, Rani, & Suswandari, M. 2019. Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI, 1(1), 1–5

Worldometer, 2020. COVID-19 Corona Virus Pandemic. https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries diakses pada tanggal 30Januari 2021

Published

02/21/2022

How to Cite

Sari, I. P., Syaripudin, A., & Effendi, R. (2022). Anxiety-Related Factors During Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Students In SMAN 3 Cirebon City. Jurnal Kesehatan Mahardika, 8(2), 49–59. https://doi.org/10.54867/jkm.v8i2.89